Bisnis Franchise Yang Bisa Dijalankan Generasi Milenial 2019

Posted on

Bisnis Franchise yang Bisa Dijalankan Generasi Milenial 2019

Sudahkah Anda tahu apa itu bisnis franchise? Franchise atau waralaba adalah jenis bisnis yang biasanya dijalankan dengan cara meminjam merek, sistem prosedur, nama, dan cara yang telah ditetapkan pihak yang meminjamkan atau franchisor. Bagi para pebisnis pemula, mungkin saja awalnya sering sekali berasumsi bahwa memiliki bisnis franchise di Indonesia itu sangatlah mudah. Dimana mereka juga beranggapan bahwasanya hanya perlu beli sebuah brand saja tanpa perlu repot memikirkan sistem bisnisnya. Tetapi faktanya tidak semua jenis bisnis franchise ini janjikan peluang dan untung yang besar.

Nah, agar Anda bisa terhindar dari kesalahan dalam memilih bisnis franchise, sebaiknya lihat dulu tips berbisnis franchise yang ternyata juga bisa dijalankan oleh generasi milenial 2019 berikut ini.

Tips Berbisnis Franchise Yang Bisa Dijalankan Generasi Milenial 2019

Memperhatikan resiko berbisnis dengan baik

Tiap bisnis tentunya ada resiko yang harus ditanggung, tetapi bisnis yang baik pasti punya resiko yang kecil. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli bisnis franchise, silakan perhatikan dulu tingkat kegagalannya, khususnya apabila sudah menyangkut tentang franchise baru. Lihat dengan baik tingkat pertumbuhan dan kegagalannya di daerah lain. Apabila suatu franchise tersebut alami tingkat kegagalan sekitar  20 persen atau lebih, maka Anda harus lebih waspada dan cari informasi lebih banyak sebelum akhirnya mengambil keputusan.

Menghindari franchisor yang punya satu produk

Jika franchisor atau pemilik franchise tersebut hanya memiliki satu produk saja, itu artinya Anda akan ketergantungan dengan produk tersebut, dan tidak punya alternatif lain untuk bisa memenangkan persaingan pasar. Apabila suatu saat produk tersebut sudah memiliki pesaing yang banyak, atau masyarakat mulai jenuh, bisa dipastikan bisnis franchise yang Anda pilih juga akan ikut alami kemunduran.

Menghindari franchise yang butuh karyawan banyak

Apabila Anda memang masih punya modal yang terbatas, dengan memilih bisnis franchise yang butuh karyawan banyak seperti ini harus benar – benar Anda pertimbangkan dengan baik. Sebuah bisnis yang butuh karyawan banyak, itu artinya juga butuh biaya yang lebih banyak pula untuk urusan gaji karyawan atau dukungan kinerjanya. Selain hal tersebut, memilih bisnis dengan karyawan yang banyak juga rentan masalah human error. Hal ini sudah pasti tidak jadi masalah besar apabila Anda sudah punya bagian pengelolaan SDM yang baik. Tetapi bagaimana jika Anda masih pemula, pastikan Anda hanya memilih bisnis sederhana yang butuh karyawan lebih sedikit.

Pelajari dengan baik laporan keuangan franchisor

Franchisor yang baik juga profesional sudah pasti akan selalu menyertakan laporan keuangan, serta perkembangan bisnisnya. Laporan keuangan yang baik nanti akan dapat menunjukkan tingkat kesehatan dari suatu bisnis itu sendiri. Dari hasil laporan keuangan dan perkembangan bisnis ini Anda bisa menilai resiko dari bisnis tersebut. Sebaiknya Anda menghindari bisnis franchise yang tidak banyak membagikan informasi tentang pengelolaan keuangan. Sebab bisa jadi, bisnis tersebut alami masalah dalam pengelolaannya.

Perhitungan besar franchise fee dan royalty fee

Tentu saja besarnya franchise fee dengan royalty fee tiap – tiap bisnis sangatlah beragam, semua bergantung dari jenis bisnis yang dijalankan. Umumnya sebuah bisnis dalam bidang jasa punya franchise fee lebih besar, yakni sekitar 50 persen dari jumlah total nilai investasinya. Sebab jenis bisnis ini umumnya tidak menuntut kepemilikan aset yang mahal, tetapi lebih ke keterampilan atau pun skill. Sementara itu sebuah franchise dengan nilai investasi besar, umumnya lebih menuntut royalty fee yang kecil supaya tidak terlalu membebani investor yang akan beli franchise tersebut.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang bisnis franchise yang bisa dijalankan generasi milenial 2019. Semoga bisa bermanfaat.